Oktober: Yang Datang Terlalu Cepat

Waktu memang mempunyai semacam sihir yang membuat semua penghuninya menjadi delusional. Dua bulan dari sekarang dan dua bulan yang lalu dalam semester tiga ini. 

Kehidupan semester tiga ini menurut gw cukup unik, karena ini merupakan semester realisasi diri *asik. Kalau semester lalu gw masih penuh rasa ragu dan bimbang. Semester ini gw sudah menetapkan bahwa : "Oke, hidup gw selama tiga tahun akan disini, gw harus melakukan hal-hal yang bisa gw lakukan selama masih dalam kondisi ini!" Kondisi yang gw maksud adalah (kalau mengutip dari perkataannya Gina) "Orang Independen" artinya diri gw sekarang dimiliki oleh gw dan belum terikat oleh satu organisasi. Jadi dalam taraf ini gw bebas menentukan gw mau melakukan apa aja, dimana, sama siapa tanpa ada yang mengatur. Mungkin ini juga yang mendasari gw buat mencoba (baca:trial and error) kegiatan kegiatan baru yang menarik perhatian gw dan mencoba menemukan passion/bidang yang bener-bener gw pengenin. Oke, mari kita lihat list Trial and Error gw semester ini: 

1. Tim CFO Bimkes. 

Oke, ini adalah organisasi berskala nasional pertama yang gw ikutin. Bener-bener pengalaman yang totally baru with full of stranger from all over Indonesia, lintas sektoral bidang kesehatan, ngurusin jurnal, online meeting. Kebayang gak?  Rada kaget sih sebenernya, secara biasanya hanya ketemu anak FKM dan rapat langsung ketemu. But its really nice to met other people. Sebenernya kalau ditanya kenapa mau gabung bimkes adalah karena gw tertarik banget sama jurnal kesehatan. Terus kenapa CFO? sebenernya itu karena gw udah punya pengalaman di bidang keuangan (seenggaknya sebagai bendahara). Gw bener-bener buta di bidang lain. Kesan selama ikut Bimkes? pertama Modal, oke baru gw tau belakangan kalau proyek ini masih didanai HPEQ tapi hanya hingga akhir tahun ini. Seterusnya Bimkes harus mandiri secara finansial. Kedua, rumit ternyata mengikuti organisasi nasional. Soalnya komunikasi kita gak bisa seenak kalau ketemu langsung. Selain itu, urusan ke pemerintah juga luar biasa ribet. Super terutama buat Kak Indah as CEO yang selalu Strong di segala situasi dan kondisi!

2. SUMA UI 

Nah ini dia yang ingin gw coba di tahun lalu tapi keburu ciut duluan ngedengerin cerita orang-orang betapa sulitnya masuk Suma. Tetapi sejalan dengan bertambah tuanya gw di UI gw melihat bahwa UKM tingkat UI itu sebenernya gak sesibuk yang dibayangkan, cuman proses seleksinya memang panjang dan berliku. Sekarang gw lagi di tahap Media Magang dimana satu kelompok diminta membuat buletin beneran. Sebagai reporter, gw harus mewawancarai orang dan menambah kadar kekepoan #loh. Kerja bareng temen lintas fakultas buat dunia jurnalistik yang juga adalah bidang baru buat gw. Kenapa milih reporter? simply karena gw suka baca. dan seperti resolusi gw kemaren2 gw harus lebih bisa nulis. Oh iya, perekrutan Suma itu terdiri dari tiga tahap. Pertama itu tugas awal, disuruh buat 4 artikel. Kedua adalah Platjur alias Pelatihan Jurnalistik. disini kita diberi pelatihan sesuai bidang, tapi kalau mau ke platjur bidang lain juga boleh. Gw ikut platjur fotografi sama reporter and its interesting. Ketiga adalah Media Magang. Ini sebenernya tahap yang paling menentukan lolos suma atau enggak. Ya iya sih, secara ini tahap harus kerja beneran. Banyak yang mulai tumbang juga karena timeline pengerjaan barengan sama UTS. Kalau udah lolos tahap 3 artinya sudah menjadi MPA #23 Suma UI! Doakan ya

3. Gerakan UI Mengajar (GUIM) 3


Kalau seleksi pengajar GUIM ini soundtracknya pake lagu "Menerjang Badai" mungkin pas banget. "Tak Kenal Lelah, Pantang Menyerah. Hadapi Seleksi sampai mati!" haha alay. Jadi begini, tahun lalu pas masih maba gw juga udah ikut seleksi GUIM. Cuman dulu gw hanya lolos sampe tahap 2. Sekarang alhamdulillah sedang tahap 3. Baruu aja tadi pagi gw melewati tahap Simulasi Mengajar di SDN 3 Pocin. Kesannya? TEPAR! ternyata jadi guru SD itu perjuangannya luar biasa ya! jadi pengen sungkem sama guru-guru pas di munam :'') capek banget wey anaknya hiperaktif semua. Terutama yang cowok-cowoknya. Tapi gimana ya? senyebel-nyebelinnya anak SD tetep aja seneng ngeliat mereka. Lucunya, kan dulu pas maba gw pernah social project di SD 3 Pocin terus jebe intervensi kelas 3 SD. Nah tadi gw ngajar anak kelas 4 SD terus pas gw bilang "Kakak tahun lalu pernah kesini loh, ngajarin yang cuci tangan cuci tangan itu" terus mereka ada yang ngeh. Hahaha. Doakan ya kelanjutan tahap 3 ini. Pasrah liat hasilnya. Kalau tahun ini belum diberi kesempatan juga untuk jadi pengajar, tahun depan gw bakal daftar jadi panitia GUIM! Teteup tak kenal lelah pantang menyerah dong. Ada banyak cara untuk ikut GUIM hahaha. 

4. Catur Cinema project for UI Art War 2013

*belom punya fotonya, menyusul yah*

Nah ini dia yang paling super prosesnya. Tiba-tiba gw jadi Sutradara coba. haha super banget lah gapaham lagii :'') udah gitu kita mempersiapkan film dalam rangka UI Art War saudara-saudara dalam waktu hanya H-3 Minggu. Tadinya mau ngajak Rachel Amanda gitu biar film kita menang *gakdeng* Doakan ya! Semoga tidak mengecewakan suporter FKM tercinta :*

Sama satu projek lagi sih, UTS *die* iya uts tinggal menghitung jam. sementara besok rapat GL Bimkes, belum ngedit berita Suma, masih ada tugas-tugas yang belom dikerjain dan SIEPEND! omg guling guling haha. Hope everything goes SUPERB! OKTOBER, lo harus memberi gw KEKUATAN untuk lebih. Memaksa mental dan jiwa berlari, berproses menjadi lebih dewasa dan bertanggung jawab. Agar tidak lagi menjadi jiwa anak kecil yang terperangkap di tubuh orang dewasa. Semangat untuk siapapun yang butuh semangat!





Comments

Popular posts from this blog

Memilih Kereta Api Ke Malang

Step by Step & Biaya Surat Sehat LPDP 2019 (RSUD Budhi Asih)

Pengalaman IELTS Computer Based di IALF Jakarta saat Pandemi Covid-19 (Februari 2021)