Memilih Kereta Api Ke Malang

Bagian pertama dari cerita jalan-jalan ke Malang adalah memilih kereta api ke sana. Ini ada beberapa jadwal kereta api ke Malang (http://malangkereta.com/?p=10). Nah disitu kita bisa liat kalau kereta dari Jakarta sebenernya ada tiga: Gajayana (Eksekutif), Majapahit (Eko AC) dan Matarmaja (Eko AC). Berhubung kami berjiwa Mahasiswa (baca:kere) maka dipilihlah kereta Matarmaja untuk PP JKT-Malang. Kita reservasi tiket udah H-seminggu dan ternyata tiket balik dengan kereta Matarmaja udah penuh semua, ada lagi tanggal 31. Yakali dah, mati gaya di Malang kalau kelamaan begitu. Yowis pulangnya kita naik kereta Majapahit. Oke, for you guys yang bingung memutuskan naik Matarmaja atau Majapahit, here's some hint that hopefully will help you~
  • Harga Tiket Kereta
Nah ini adalah dasar dari semua perbedaan antara kereta Majapahit dan Matarmaja *lebay*. Walaupun katagorinya sama-sama Ekonomi AC, tapi bedanya bisa dua kali lipat. Harga tiket Matarmaja Rp 130.000 sementara Majapahit Rp 275.000. 
  • Kondisi Gerbong

Gerbong Matarmaja (http://surabaya.tribunnews.com)

Gerbong Majapahit (http://informasisurabaya.com)


Gambaran gerbong yang gw naiki persis seperti foto diatas. Kedua kereta itu posisi tempat duduknya sama-sama berhadapan (gak kayak kereta Eksekutif Gajayana yang semua kursinya menghadap ke arah yang sama). Bedanya, susunan tempat duduk di Matarmaja 2-3 sementara Majapahit 2-2. Selain itu, jarak antara dua kursi yang berhadapan di Matarmaja itu lebih sempit, jadi kaki gak bisa selonjoran dengan leluasa (bahkan gw harus janjian sama mbak-mbak yang duduk di depan agar kaki kita nyerongnya beda arah biar tetep bisa lurusin kaki, hahaha).
Kalau dari segi AC, keduanya sama-sama dingin. Malahan dinginan Matarmaja. Soalnya ACnya itu bener-bener berbentuk AC—> 










(http://4.bp.blogspot.com)




dan posisi penempatan ACnya seperti ini->
JJK
parahlah dingin banget. jadi ibaratnya kita diserang angin AC dari depan dan belakang (karena ACnya juga dipasang hadap-hadapan) dan itu dipasang tiap 3 baris kereta. Jadi total satu gerbong bisa ada 8 AC! brrrrr. Beneran gak bisa tidur malem-malem, mana pedagang banyak banget yang nawarin kopi, popmie, energen, dll. Kalau kata Hani, doi berasa diteror dengerin pedagang-pedagang itu. hahaha. Nah kalau Majapahit ACnya emang udah built-in gitu, jadi dinginnya pas dan gak sampe bikin menggigil.
Kalau dari kondisi kebersihan gerbong, jelaslahya kalau Majapahit yang menang. Di kereta Matarmaja sampah berserakan di lantai dengan semena-mena. Malahan itu dijadikan peluang oleh pengemis di kereta. Mereka ngebersiin lorong kereta kemudian meminta receh dari penumpang.
Ohiya, satu lagi yang gw lupa. Kalau di Matarmaja di bawah setiap meja ada colokan /terminal. Jadi gak usah khawatir HP lowbat. Nah herannya, di Majapahit malah gak ada –_- aneh banget ya?
  • Restorasi
Restorasi itu gerbong/area buat makan. Disini tempat dapur dan meja makan buat penumpang yang males makan di tempat duduknya (karena kan meja di deket tempat duduk kecil banget, cuman buat naro botol minum). Kalau untuk ukuran restorasi, pilihan gw jatuh ke Matarmaja! Ini gambar gerbong restorasi masing-masing kereta:

makan






Nah keliatan kan? restorasinya Matarmaja pewe banget apalagi buat ngumpul-ngumpul. Kita bisa abis 1,5 jam sendiri di restorasi buat makan mie goreng sambil ngegosip haha. Nah kalau Majapahit, sempit banget ruang makannya, gedean dapurnya. Udah gitu mejanya bukanlah meja yang tepat untuk digunakan santai mengobrol bersama teman-teman *asik* Karena gak pewe itulah, akhirnya gw memutuskan buat makan di tempat duduk semula aja (makanannya dianterin sama waitressnya ke tempat duduk kita). Ini list harga makanan di Majapahit, lumayan mahal. Abis cuman dia doang yang jual makanan dan minuman, jadi gitu deh. Energen yang di Matarmaja hanya 4 ribu (beli di pedagang keliling yang nawarin minuman hangat malem-malem), di Majapahit jadi 10 ribu. Huft mahal bingitss.
2013-08-30-01-06-42_deco
  • Pedagang
Di Matarmaja, dagangan ada terus nonstop selama perjalanan. Barang yang dijual pun makin lama makin ajaib. Pas awal-awal paling ditawarin makanan dan minuman. Nasi pecel (sound: yok pecelnya, masih anget-masih anget), Kopi Popmie (sound: kopi kopi, popmie), Minuman dingin (sound: aqua aqua aqua, mijon mijon). Kemudian beralih ke oleh-oleh seperti bakpia, wingko babat, baju batik. Hingga barang seperti awetan hewan, peralatan tulis, peniti. Wah pokoknya super random deh. Kalau di Majapahit boro-boro. Makanya siapkan bekal makanan dan minuman yang cukup selama naik kereta Majapahit biar gak tekor beli makanan di restorasinya.
  • Toilet/ WC
Nah ini nih masalah krusial dan menyangkut hajat hidup orang banyak! Hehe. Sebenernya tipe toiletnya sama aja sih diantara kedua kereta itu, sama-sama terletak di sambungan gerbong. Bedanya, di Matarmaja yang ngerokok di sambungan gerbong banyak bangeet. Jadi kalau mau ke toilet semacam risih gitu harus melewati barisan bapak-bapak dan mas-mas perokok.
  • Ketepatan Waktu
Kayaknya ada senioritas deh diantara para kereta itu. Matarmaja, sebagai kasta paling bawah kereta JKT-MLG harus rela menunggu berjam-jam demi mempersilahkan kereta Gajayana atau kereta eksekutif lainnya lewat duluan (nyebelin abis!) Kereta Matarmaja yang dijadwalkan tiba di Malang pukul 06.54 ngaret hampir 3 jam menjadi pukul 10.00. Kereta Majapahit ngaret juga sih. Mestinya nyampe di Stasiun Senen pukul 05.26, eh jam 07.30 baru nyampe. Beda 2 jam. Just Indonesia Train being so Indonesian.hahaha

Nah itulah paparan yang (cukup panjang ya ternyata) tentang plus minus kereta Matarmaja dan Majapahit. Pilihan ada di tangan anda dan dompet anda tentunya *hehe* Tunggu cerita selanjutnya tetep di Jalan-Jalan Sist edisi Malang!

Comments

  1. september tahun lalu, saya naik matarmaja dari senen ke kepanjen. sangat nyaman, karena tidak ada pedagang yang masuk, kecuali mendekati tujuan ada beberapa yang naik. untuk ontimenya, sangat ontime. jadi kakak saya yang nunggu engga terlalu lama berada di stasiun hehe.. tapi klu kondisi 2013 seperti ini, ko jadi mikir naik kereta itu lagi. nice info mas..

    ReplyDelete
  2. eh, mba, maaf salah sebut.. maaf sekali lagi.

    ReplyDelete
  3. Apakah di gerbong restorasi ada tempat buat sholatnya

    ReplyDelete
  4. @marlin : terima kasih sharingnya :)

    @onie nur zahrowan: kalau tempat buat solat sih gak disediakan secara khusus, tapi kalau mau solat di restorasinya matarmaja nyaman kok. soalnya kondisi restorasi lebih sepi dari di gerbong sehingga bisa solat dengan tenang :)

    ReplyDelete
  5. haha lucu bacanya, tapi kenapa matamarja sekrng uder 100k ya? apakah matamarja ada 2 kelas? economy non ac dan economy ac masalah keamanan gimana? ada rencana trip abis lebaran 2014 agustusan lah ahaha

    ReplyDelete
  6. Per 1 April 2014 kan PT.KAI melakukan subsidi . Tapi gak semua kereta , nah yg dibawah 100K itulah yg dapet subsidi :)

    ReplyDelete
  7. seru...seruuuuu baca nya,, kebetulan tgl 7 nov bsk mw ke bromo dan kt ber 4 naik matarmaja, jd penasaran heheheht, thanks ya sist dah mw berbagi hehehehhe

    ReplyDelete
  8. Tqyu..karena hari ini saya rencana naik majapahit..

    ReplyDelete
  9. owh, berarti pedagan asongan boleh masuk di Matarmaja ya....

    ReplyDelete
  10. Sekarang ada alternatif satu lagi, yaitu kereta Jayabaya, ekonomi non subsidi, hampir sama dgn Majapahit.
    Kalo Matarmaja per 1 April nanti ada penurunan harga, cuma seberapa msh belum tahu..

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Step by Step & Biaya Surat Sehat LPDP 2019 (RSUD Budhi Asih)

Pengalaman IELTS Computer Based di IALF Jakarta saat Pandemi Covid-19 (Februari 2021)