Hari-H Tes GRE: What to expect?

Hai!

Kemarin, 4 Oktober 2019, gw akhirnya tes GRE di IIEF. Lokasinya ada di Lantai 28 Menara Imperium, Kuningan, Jakarta. Kayaknya tes GRE emang se-Indonesia cuman bisa disini aja. Tes dijadwalkan jam 08.00 tapi sejam sebelumnya gw udah nyampe dan pintunya masih di kunci, wkwk :'') tapi gapapalah daripada telat. Sekitar jam setengah 8, ruangannya akhirnya dibuka.

                           

Pertama, gw diminta isi kode institusi yang mau dikirimin nilai GREnya di form. Ohiya, kita dapet jatah gratis ngirim ke 4 kampus saat hari tes. Kalau dikirimnya sesudah tes, ETS akan ngecharge kita US$27 atau sekitar 380 ribu per kampusnya. Yha jadi kumaksimalkan saja tujuan 4 kampus itu meskipun gak tau bakalan jadi daftar semuanya apa enggak hahaha. 

Sesudah itu, panitia tes akan meminta kita menyerahkan kartu identitas (KTP/SIM/Paspor) untuk diverifikasi dan satu-satu akan dipanggil untuk security check. Pagi itu hanya ada sekitar 4 orang yang ikut tes. Gw dipanggil urutan kedua. Begitu masuk ke transfer room, kita langsung dikasih kunci loker buat simpen tas, hp, jam, dll. Terus badan kita dicek dan discan buat memastikan kita gak bawa apapun untuk cheating. Kemudian, kita diambil fotonya, dan dipersilahkan masuk ke ruangan tes. 

Ruangan tesnya bener-bener kecil ternyata, hanya ada 10 kubikel. Terus kalau udah siap, kita bisa mulai dengan ngeklik tombol startnya langsung. Jadi, beda sistem sama IELTS paper test yang mulainya harus serentak dan seruangan bisa 100+ orang, di GRE ini karena computer based jadi kita bisa mulai sendiri-sendiri, hitungan waktunya langsung berjalan otomatis. Ohiya, di meja kita juga udah disediain 2 lembar kertas dan 2 pensil untuk coret-coretan. 

GRE sendiri terdiri dari 2 analytical writing, 2 verbal, 2 quantitative dan 1 experimental unscored section. Nah, gw kemaren dapet urutannya kayak gini: 
  1. AW analyzing issue -> Entah kenapa gw malah stuck di sini. Padahal sebelumnya lebih yakin sama sesi ini daripada yang analyze argument karena kurleb mirip WT 2 IELTS. Mungkin efek masih ngantuk juga (wkwk sumpah deh nguap mulu huhu mungkin baiknya w ngambil sesi siang aja  jam 12.30). 
  2. AW analyzing argument -> Surprisingly agak lancar. Menurut gw soalnya kemarin gak terlalu complicated, jadi enak di analisisnya. Tapi entah deh ya nilainya haha. 
  3. Verbal 1 -> SUSAH BANGET TOBAT. Astaga huhu vocabku. Reading materialnya juga ampun deh :')
  4. Quant 1 -> Nah kalau ini agak kagoknya karena ngerjain math di komputer sama di kertas itu beda banget rasanya. Selama ini pas latihan banyakan ngerjain langsung di kertas, jadi berasanya waktunya cukup aja. 
  5. Break 10 mins -> Opsional sih, tapi kalau gw udah pasti banget diambil. Lumayan! Break setelah 2 jam duduk diem di depan komputer. Waktu 10 menit bisa dipake buat ke toilet, cuci muka, makan dan minum. Sebenernya gw bawa sih makanan kayak kue gitu. Tapi karena takut kelamaan, dan makannya juga agak gak tenang karena di transfer room barengan sama pengawas, jadi akhirnya gw cuman makan permen aja.  Ohiya, semisal kita lupa bawa pun, di situ udah disediain aqua gelas dan permen dari panitianya. Jadi gak usah khawatir. Sesudah break, kita dicek lagi kayak pertama masuk dan bisa melanjutkan ujiannya. 
  6. Verbal 2 -> Level kesulitannya turun drastiss dibanding Verbal 1. Mungkin nilai verbal 1 gw jelek banget jadinya tingkat kesulitannya diturunin di verbal 2 ini wkwk. Beda banget sumpah, seketika vocab-vocabnya sangat bisa dipahami dan readingnya pun gak sampe bikin jidat berkerut. 
  7. Quant 2 --> Hem menurut gw level kesulitannya sama kek Quant sebelumnya. 
  8. Verbal 3 --> Pas ngeliat ini langsung wondering: yah sesi experimentalnya verbal berarti ya, yang mana yang dipake ya nilainya hiks. Jadi di GRE emang ada sesi experimental yang skornya gak ngaruh ke nilai kita. Sesi ini cuman berguna buat ETS nguji tingkat kesulitan soal-soal barunya. Aneh emang sih, dan kesannya rada gak adil sama test takernya karena kita gak tau dari 3 sesi itu yang mana 2 yang bakal dipake. Dan gw dapet sesi verbal 3 ini lebih susah dari verbal 2. 
Ohiya, setiap selesai satu sesi kita dikasih waktu 60 detik sebelum maju ke sesi selanjutnya. Lumayan juga buat nenangin otak dan istirahatin mata. 

Begitu selesai ngerjain semua sesi, kita bakal langsung tau nilai verbal dan quantitative kita. Terus dikasih pilihan mau report score atau enggak. Pilihan ini berguna misalnya ketika tadi pas tes bener-bener kacau dan nilainya jelek banget. Jadi daripada di kirim ke Univ mendingan di withdraw aja. Tapi dengan opsi ini, sesinya sama sekali gak kerekam. Bahkan untuk record pribadi kita di account ETS pun gak ada nilainya. Jadi mending tetep di report aja sih. 

Terus, nanti pengawas ujiannya akan nyamperin kita dan ngebimbing buat masukin kode institusi untuk report hasil tes. Ohiya pengawas ujian GRE ini profesional dan baik banget sih, rada beda sama pas gw tes IELTS yang cenderung lebih lempeng (yha mungkin karena peserta yang diawasinya ratusan kali ya). Udah deh, gw selesai tes GRE pas jam 12 siang. Untuk official scorenya sendiri akan di umumkan 10-15 hari dari waktu tes. Tinggal nunggu nilai writingnya sih, kalau verbal sama quantitative kan langsung keluar. 

                                        

Yak, overall begitulah pengalaman gw ikut tes GRE. Jujur rada takut sih ini, karena kayaknya nilai gw gak nyampe percentile rata-rata dari sekolah yang gw pengen. Mungkin gw akan nyari sekolah yang accept nilai GRE gw, atau mungkin bakal retake? Hehe belom tau sih. Buat yang mau tes GRE, semangat ya! Menurut gw pribadi, tesnya gak gampang, tapi do-able. Kalau memang dibutuhin buat daftar sekolah, yaudah, telen aja deh itu requirementsnya and do whatever it takes to achieve that (ini sekaligus nyemangatin diri sendiri sih haha). I'll see you on my next post!

((Tambahan info: After you take the GRE test, you could access the diagnostic service approximately 15 days after. This is a great resources to help you understand your last performance on the test. The diagnostic tools analyze verbal and quantitative session))

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Memilih Kereta Api Ke Malang

Step by Step & Biaya Surat Sehat LPDP 2019 (RSUD Budhi Asih)

Pengalaman IELTS Computer Based di IALF Jakarta saat Pandemi Covid-19 (Februari 2021)