Pengalaman Ikut Les GRE Gratis di @America

Hai!

Kemarin gw baru saja mengikuti tes GRE. Jujur gak nyangka bakalan ngambil tes ini sebelumnya. GRE atau Graduate Record Examination itu semacam tes kemampuan dasar (numeric, verbal & analytical writing) yang jadi syarat  banyak jurusan S2 di Amerika. Mirip-mirip TPA lah kalau di Indo. 

Dulu, kalau ditanya mau kuliah S2 dimana, pasti gw mencoret Amerika dari list. Alasannya? ribet, mesti pake GRE segala. Sementara dulu mikirin tes IELTS aja udah pusing. Belom minta surat rekomendasi dan segala per-esai-an. Fix GRE mah urutan terakhir. Tapi, pandangan itu berubah ketika gw akhirnya ikut kelas persiapan GRE di @america. Setiap tahunnya, sekitar bulan Juni, @america memang mengadakan kelas persiapan gratis GRE dan TOEFL IBT. Tujuannya, buat mempersiapkan anak-anak yang pengen nyoba S2 ke US.



Kelas GRE @america terdiri dari 8 sesi. Gw mencatat ada 4 sesi kuantitatif dan 4 sesi verbal. Kelasnya tiap hari Sabtu jam 10.30-13.00 di @america, Pacific Place. Nah dari awal memang diinfokan sama adviser @america, Mba Fina dan Mba Santika, kalau kita ikut minimal 6 dari 8 sesi, ada kesempatan dapet voucher GRE gratis dari @america. Gw pikir paling cuman 1-3 orang yang bisa dapet voucher ini, secara harga tes GRE kan mahal $205 atau sekitar 2,9 juta. Iya mahal banget emang pengen nangis wkwk :'') Belom lagi les persiapan GREnya, bisa sampai 5 juta kalau di Pascal dan lebih mahal lagi kalau di Kaplan. Makanya banyak orang yang mundur teratur buat daftar ke sekolah US karena GRE ini butuh biaya yang lumayan besar. 

Di @america, sesi kuantitatifnya diajar sama Bu Mel dari BINUS University dan sesi verbal diajarin sama duo bule dari Princeton. Suka bangettt diajarin sama bu Mel. Ternyata soal kuantitatif GRE gak sesusah yang gw bayangkan. Mirip kayak dulu pelajaran SMP-SMA tapi in english aja. Plus, sebenernya bisa pake kalkulator di GRE tuh. Kalau sesi verbalnya gw angkat tangan deh. Emang susahh banget asli. Vocabnya bener-bener jarang dipake di keseharian. Gw merasa gak kesulitan buat baca buku atau artikel bahasa inggris, tapi begitu liat soal verbal GRE mendadak kek gak ngerti apa-apa gitu. 

Alhamdulillahnya, gw bisa ngejaga komitmen buat dateng 6 sesi (bolos 2 kali karena kondangan sama lagi kerja di luar kota). Gw juga udah pernah konsultasi sekali sama advisor EducationUSA tentang pilihan kampus gw. Jadi secara persyaratan gw eligible sebenernya buat dapet free voucher GRE. Ternyata, gw beneran dapet! Total ada 90 orang yang dapet free voucher GRE. Sumpah generous sekali @america ini! Bahkan yang full attendance dapet buku Peterson GRE gratis. Wadidaw. 


Gw sangat merekomendasikan kelas GRE di @america ini buat kalian yang emang pengen daftar S2 ke Amerika tapi masih ragu-ragu. Atau yang udah pasti mau GRE, bisa juga ikutan ini dulu biar gak mulai dari 0 banget sebelum ngambil kelas yang berbayar. Kelasnya memang cuman dibuka sekali setahun. Timelinenya menurut gw pas sih, karena rata2 pendaftaran sekolah USA emang deadlinenya awal Desember. Jadi, selesai kelas di bulan Agustus, masih ada waktu 1-2 bulan untuk dilanjutkan belajar mandiri sebelum ngambil real testnya. 

(Update: Kemarin abis nanya ke Mba Fina, ternyata kelas GRE dibuka 2 kali setahun, Januari dan Juni. Siap-siap daftar buat kelas Januari 2020 ya! Terus, materi GRE yang dulu juga masih bisa diakses di web atamerica. Tinggal sign up dan akses di https://www.atamerica.or.id/en/events/detail/ilearn-america--gre-prep-course- or better, I later found out that the live stream session in their website are accessible for months after, here's how:

  1. Open the @america website and choose "Live stream", If you want to search for the GRE video, go to "iLearn" and click the video icon on the top right (circled)
  2. Scroll down the list and find the GRE videos!

Disambung ke post selanjutnya ya untuk pengalaman tes GRE pas hari H-nya.


Comments

  1. Hai kak, selamat pagi. kak ada tips enggak ambil tes GRE selama pandemi ini?. sayas sudah baca web ETS , bisa online di rumah. tapi karena nggak pengalaman, saya bingung langkahnya. kakak ada saran? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kak hehe, kebetulan aku juga ambil tes GREnya kan sebelum pandemi ya. Jadi blm ada pengalaman kalau di rumah akan kayak gmn tesnya. Tapi, berhubung GRE ini 100% online, mestinya prosedurnya akan sama aja kak kayak dulu tes di tempat (gak kayak IELTS/TOEFL IBT yang ada sesi speaking langsungnya). Buat gambaran tesnya, bisa ambil free test di webnya ets kak. Goodluck!

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Memilih Kereta Api Ke Malang

Step by Step & Biaya Surat Sehat LPDP 2019 (RSUD Budhi Asih)

Pengalaman IELTS Computer Based di IALF Jakarta saat Pandemi Covid-19 (Februari 2021)