#CampusHighlight Ongoing Organizations


Assalamualaikum semuanya! H-1 lebaran nihh time sure go fast!

Sebel yak akhirnya gw ga konsisten lagi nulis blog huhu :’’’) baru nulis lagi sekarang. Hem, many things happen in ramadhan and I would tell about it latter. Oke, di postingan #campushighlight kali ini gw mau ceritain organisasi yang gw ikutin di tahun 2015. Sebelumnya gw juga pernah cerita tentang kegiatan gw di tahun pertama kuliah di posting ini http://oliviniaqp.blogspot.com/2013/10/oktober-yang-datang-terlalu-cepat.html Disana gw udah ceritain dikit tentang Bimkes dan Suma. Ada satu yang belom cerita yaitu PdanK but let’s save it latter #dasarprocastinator

Tahun 2015 ini gw terdaftar di tiga organisasi: OHSC, Preventia dan BIMKMI. Motivasi ikut kegiatan ginian karena minat, diajakin dan juga bingung pulang kampus mau ngapain (anak tahun ketiga udah gini banget gak sih?). Sebenernya gw itu introvert banget, suka merasa drained kalau lagi kebanyakan komunikasi sama orang. Kalau udah gitu biasanya gw langsung mendem di perpus biar energinya balik lagi.  Tapi, seintrovert-introvertnya orang pasti pengen interaksi sama orang lain. And yeah, I set a goal this year to take charge of my organizations. Let’s see what’s going:
  • Occupational Health and Safety Community (OHSC)- Himpunan Mahasiswa Departemen K3 FKM UI
Berhubung sekarang di FKM udah peminatan, makanya udah aktif di HMD. Disini, gw diamanahkan buat megang Health and Safety Education (HSE) Department. Alhamdulillahnya, tahun ini Manajer HSE ditemenin sama dua PIC Event dan Research yaitu Puput dan Firly. Sejauh ini gw belum merasa menjadi manajer yang baik karena sulit sebenernya buat ngembangin minat research itu biar gak proker minded. Selain itu, membangun internal juga susah-susah gampang, karena kita seangkatan (ada ekstensi juga) jadi beda rasanya kayak pas ngeBEM gitu. Kalau organisasi di HMD biasanya lebih selo karena tiap hari juga ketemunya itu-itu aja di kelas. Tapi alhamdulillah sih karena ada HMD ini makanya anak K3 bisa lebih nyatu karena merasakan kerempongan yang sama, terutama pas OHS Expo kemaren.
  • Pers Preventia FKM UI
Nah jadi ini adalah majalah FKM. Sempet gaada tahun lalu, kita pengen ngadain Preventia lagi biar gak bener-bener tenggelem. Tahun ini Preventia dipimpin oleh Shofisa dan banyakan diisi sama anak 2013 dan 2012. Kita nerbitin majalah tiap satu semester sekali. Preventia emang jauh jauh banget dibanding Pers Fakultas lain saat ini.  Tapi, apresiasi banget sih buat pengurus tahun ini karena berani ngangkat Preventia meskipun tanpa  kejelasan naungan (soalnya BSO di FKM ngurusnya susah dan belom ada UUnya). Kedepannya, Preventia pasti makin keren, karena minat jurnalistik di FKM itu ada, cuman gak kepoles dan gak ada naungannya.
  • Berkala Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia (BIMKMI)
Ini adalah organisasi perpanjangan tangan dari BIMKES. Ceritanya, setelah setahun di Bimkes gw merasa gak bakal bisa kalau masih lanjut disana. Tapi gw diminta buat tetep bantuin Bimkes dengan cara gabung BIMKMI. Di sini, gw bener-bener ngurusin jurnalnya. PU tahun ini adalah Kak Deni dari Unlam dan Pimrednya adalah kak Sari dari Unes. Gw merasa berdosa banget sama kakak-kakak ini karena banyak salah selama di BIMKMI >_< Kerjaan dewred ternyata tidak mudah saudara-saudara. Salut banget emang sama kak Sari yang telaten dan trusted banget sebagai Pemred. Anyway, salah satu yang paling gw syukuri adalah kita sempet melakukan Direct Meeting yaitu Upgrading di UI. Meskipun gw sama Suvi rempong banget ngurusinnya, but it’s worth the work. Seneng bisa ketemu dan ngobrol banyak sama mahasiswa FKM dari lain universitas. Kak Deni, Kak Wiwi, Kak Sari dan Nining makasih yaa sudah main ke jakarta hehe.

Yak itulah organisasi yang lagi gw jalanin sekarang. Gw pribadi merasa masih banyak kekurangan dalam menjalankan peran di ketiga tempat itu. Tapi di sisi lain gw seneng karena masih dikasih kesibukan yang (insyaAllah) positif. Semoga amanah tidak jatuh ke tangan yang salah dan bisa memberikan sedikit arti terhadap tempat kita :)  

Comments

Popular posts from this blog

Memilih Kereta Api Ke Malang

Step by Step & Biaya Surat Sehat LPDP 2019 (RSUD Budhi Asih)

Pengalaman IELTS Computer Based di IALF Jakarta saat Pandemi Covid-19 (Februari 2021)