#CampusHighlight Mapres FKM UI Part 2: Semifinal


Motivasi sudah. Lalu?

Di ajang Mapres FKM UI tahun 2015 ada perubahan sistem dibanding tahun sebelumnya. Pendaftaran dilakukan dengan menyerahkan CV (yang berisi 10 prestasi terbaik+buktinya) serta tiga usulan topik untuk LKTI. Gw inget banget, deadline pendaftaran hari jumat jam 4 sore. Pas jam 12nya, gw mendem di perpus buat nyari inspirasi topik (long life deadliner liv, God saves your life). Tiga topik yang gw ajukan adalah pendidikan bencana, pengelolaan sampah dan sosialisasi jurnal di mahasiswa (guess Pengben, K2N and Bimkes quite leave something in my mind).  Well, untuk 10 prestasi terbaik, gw masukin INDOHUN conference di solo, juara film UI Art War, IndonesiaMUN, nilai toefl, keikutsertaan di BIMKMI dan BIMKES, jadi PO SF, dapet beasiswa PPA dan dua hal lainnya. Biasa banget yah, begitulah adanya hidup gw hahaha.

Selang dua hari,  kita dikasih topik terpilih hasil diskusi oleh juri mapres. And I got disaster education for my paper. Kita dikasih waktu seminggu buat nyelesain paper ini. Awalnya, ada sekitar 15 orang yang daftar (masukin cv) namun dalam prosesnya, peserta perlahan berguguran. Gw meminta tolong ke Bu Meily buat jadi pembimbing dalam bikin LKTI ini dan beliau baik banget mau dikonsultasiin <3 Selain ke Bu Meily, gw juga konsultasi ke Pak Pandu karena beliau ketua dewan juri mapres tahun ini.

Kami juga diberikan macam-macam pelatihan dalam mapres ini, pertama adalah pelatihan penulisan karya ilmiah dengan Prof Fatma dan kedua adalah pelatihan …. pelatihan apa ya? lupa. Selain pelatihan dari panitia Mapres, masing-masing himpunan departemen juga ngedrilling mapresnya. Termasuk OHSC, which is di divisi gw yaitu HSE hahaha :’’D Waktu itu kita di drilling sama Kak Agung, K3 2008, Mapres 2 FKM.  Ada juga pelatihan mandiri (and I have to say thank you 1000x ke kusmi yang super gerceps). Kusmi minta tolong ke Kak Aini, Kak Joko dan Kak Ida buat ngedrilling kita bertiga (gw, kusmi, anita). Luar biasa lah menuju presentasi semifinal tekanannya udah berasa banget.
Hari presentasi Semifinal pun tiba! Total ada 10 peserta yang bertahan sampai semifinal. Jackpot! gw dapet urutan pertama untuk presentasi di semifinal. Rasanya campur aduk banget presentasi di promdok, diliat temen-temen seangkatan. Enaknya presentasi awal adalah jurinya masih sedikit yang dateng (gw cuman ada 4 dari total 7 juri saat presentasi) dan masih belom galak pas tanya jawab :’’’) I feel a total relieved after presentasi. Like beban hidup di punggung terangkat :’’) Meskipun kacau sih, kerasa banget groginya pas presentasi. 
Ah, I have to say many thanks to Isna udah bikin ppt cantik dan jadi asrot. I also have to say thanks to Kak Nurul, who checked my paper, Kak Madel for disaster reference, Arief for kindly checking my Paper and give feedback, Geng Nistong buat dukungan dan poster nistanya, BPH OHSC buat support letternya, anak K3 buat drilling dan supportnya aaa so many kind people helping me to pass this semifinal phase!

I have no expectation at all to be finalist. Gimana enggak, presentasi finalis lain keren-keren, lebih niat, keliatan siap. Tapi takdir Allah emang kadang gak terduga dan di luar ekspektasi kita. I make it to Final!


continued on next post!

Comments

Popular posts from this blog

Memilih Kereta Api Ke Malang

Step by Step & Biaya Surat Sehat LPDP 2019 (RSUD Budhi Asih)

Pengalaman IELTS Computer Based di IALF Jakarta saat Pandemi Covid-19 (Februari 2021)