Share Blood, Save (your) Life :)


Mengapa saya memilih foto donor darah sebagai foto yang menggambarkan fakultas saya?

Kesehatan Masyarakat adalah suatu ilmu dan seni yang menekankan pada tiga hal: bersifat preventif promotif, multi sektor serta memperhatikan masyarakat secara umum, bukan individu. 

Donor Darah mungkin telah lama dikenalkan sebagai suatu aksi sosial untuk menyelamatkan nyawa orang lain. Namun dalam kegiatan Donor Darah itu sendiri, Pendonor akan diuntungkan oleh berbagai upaya preventif seperti pengecekan Tekanan Darah, Golongan Darah dan Kadar Hemoglobin secara gratis.

Tampak di foto adalah pengambilan sampel darah di tabung kecil untuk kemudian di periksa di laboratorium apakah pendonor bebas dari penyakit HIV, Hepatitis dan masih banyak lagi. Sebelum mendonor, biasanya kita diberikan lembar pernyataan bahwa jika darah kita tidak lulus uji laboratorium, maka hal tersebut akan diberitahukan ke Pendonor dan kantung darah dari Pendonor akan dimusnahkan. 

Inilah usaha preventif terhadap kesehatan diri kita sendiri. Jika kita memiliki gangguan kesehatan, kita dapat mengetahuinya dari awal. Contohnya saya sendiri yang pernah ditolak mendonorkan darah sebanyak dua kali karena kadar Hemoglobin yang rendah. Hal ini akan menyadarkan saya bahwa saya harus mengkonsumsi sayuran agar kadar Hb naik dan terhindar dari Anemia.

SHARE BLOOD, SAVE (YOUR) LIFE!

Comments

Popular posts from this blog

Memilih Kereta Api Ke Malang

Step by Step & Biaya Surat Sehat LPDP 2019 (RSUD Budhi Asih)

Pengalaman IELTS Computer Based di IALF Jakarta saat Pandemi Covid-19 (Februari 2021)