Innovation Seekers [LANJUTAN]

Sebetulnya, di balik penelitian-penelitian yang akhirnya kami lakukan, ada banyak ide-ide yang muncul namun kurang/tidak visible untuk diwujudkan (setidaknya pada saat itu dengan waktu dan kapasitas yang kami miliki). Gw pun makin takjub sama orang-orang yang menciptakan alat-alat yang kreatif. Salah satu favorit gw adalah karya-karya di Black Innovation Award. Beberapa alat yang gw inget adalah tas yang bisa berubah fungsi menjadi tenda 1 orang, tas untuk membawa durian dan shower yang dilengkapi dengan gayung di ujungnya. Saat nonton kick andy edisi black innovation itu gw bener-bener kagum dan rasanya pengen juga bikin alat yang keren kayak gitu. (note: sambil browsing gambar, gw nemu blog berisi produk-produk unik--> http://smallidea.wordpress.com)
Tas Durian, Cangkingz
Next, gw juga suka banget sama Fun Theory dari Volkswagen. Gw tau itu dari New Plan FKM. Ide yang paling gw suka adalah "Piano Staircase". menurut gw ide itu briliant banget dan beginilah mestinya behavioural change dilakukan, harus fun! (Ini juga jadi contoh banget buat anak FKM khususnya PKIP yang berhubungan sama perilaku masyarakat)

Piano Staircase [the fun theory]
Nah baik waktu itu hingga saat ini, gw masih kesulitan dalam mengusulkan ide yang solutif, aplikatif dan kreatif. Semester lalu, saat membuat PKM jujur gw sangat buntu ide dan mengerjakan ide yang ada dengan malas-malasan. Sebentar lagi PKM GT dibuka dan saatnya gw bertransformasi dari Innovation Seekers menjadi Innovation Makers. Konkritnya bagaimana? Gw dapet ide ketika nonton video kak Iman Usman di Inspire-cast. Disitu dia ngasih tips cara untuk lebih peka dengan isu sosial disekitar kita adalah dengan memotret hal-hal "mengganggu" yang kita temui di jalan. Ketika sampai rumah, coba cari satu foto yang paling "mengganggu" dan mulailah fokus ke hal tersebut. start walking now and pict a lot! good luck! 


Comments

Popular posts from this blog

Memilih Kereta Api Ke Malang

Step by Step & Biaya Surat Sehat LPDP 2019 (RSUD Budhi Asih)

Pengalaman IELTS Computer Based di IALF Jakarta saat Pandemi Covid-19 (Februari 2021)