Tentang Magang









Malam Geng :p

      Hari ini gw ingin berbagi kisah tentang magang di Sosmas BEM IM FKM UI. Pengumuman magang itu hari selasa 9 oktober 2012 di Aula A. Gw duduk sejajar sama SGD 8, baris ke 2 dan ke 3 row paling kiri. Jujur, hari itu gw gak ada firasat bakal keterima magang di sosmas. Kenapa? soalnya gw belom punya pengalaman di bidang sosial dan banyak banget 2012 yang pengen magang di sosmas. H-1 jam sebelum pengumuman, hati gw udah yakin banget diterima di Medium (Media Ummat) Nurani. Gw pikir seru lah magang di medium, bisa nyalurin passion nulis-nulis. 
     Tiba saatnya pengumuman. SGD 8 pertama yang dipanggil adalah Rizka. Doi magang di pasatwa (dan berakhir badmood karena sama sekali gak milih pasatwa). Berturut-turut berikutnya adalah Farisa di AKG, Intan di Nurani (lupa bidang apa), Riris dan Hani di Medium (gak jadi barengan mulu sama hani :p) dan.. Titin di MPM. Kemudian yang ditunggu-tunggu.... Magangers BEM! Riris di samping gw udah histeris berat "haa oliv di sosmass" terus gw masih gak yakin, soalnya walaupun nama gw gak ada di halaman sebelum-sebelumnya (yang berarti gw pasti magang di BEM) gw takut kelempar ke bidang lain. dan, It Happens! nama gw ada di grup SOSMAS! uhuyy hati kaget dan gembira, tapi wajah udah terlanjur poker face hahaha. gw bingung juga, kenapa ya gw bisa keterima magang di sosmas? Oh ya, SGD 8 yang magang di BEM ada 5 : Febri di PBM, Dea di Kesma, Iky di PBM, Fida di kelembagaan dan gw di Sosmas. 
     Setelah pengumuman, magangers sosmas langsung ngumpul di depan A101. Ternyata Magangers sosmas bem 2012 ada 6 : gw, tini, riski, audia, ryza sama firly. Dari enam orang itu, gak ada yang bener-bener deket  sebelumnya. Gw pun jadi menye, pengen ngumpul sama SGD 8 lagi. Tau kan rasanya kalau udah lama bareng sekelompok dari zaman PSAF 2 hari sampai mabim 4 minggu terus sekarang magang gak bareng? sedih banget. But I push my self not to be dependent on SGD 8. We have to grow up and go out from comfort zone. Kebetulan, hari selasa itu pas banget sosmas lagi rapat, jadi kami bisa ketemu sama semua kakak-kakak. Kesan pertama ke kakak-kakak sosmas: SERU. Hari itu kak Aze dan satu kakak lagi (lupa namanya) ulangtahun. Abis magrib, mereka diiket ke tiang di parkiran samping BKM lama dan mulailah "penyiksaan" itu dimulai. Disiram pake air seember, diceplokin telor, dilemparin tepung, disuapin makanan campur sari, bringas banget lah pokoknya :p Kami-kami yang magang hanya berani menatap dari kejauhan, berharap gak kena kotor-kotornya (ya walaupun gw akhirnya kena juga karena dipeperin kak Aze dari belakang T_T). Terus abis itu makan kue dan foto-foto. Pulang jam 8 lewat.
      Hari rabu gak ada ngumpul sosmas karena sore abis IBD orang-orang pada mau nonton penutupan OIM. Salut sama kontingen dan dukungan se-FKM yang bikin FKM juara 2 lagi di OIM UI! Jujur gw salut banget sama FKM. Lagu menerjang badai bener-bener menggema. 


"Menerjang badai dan bara 
Maju bahu membahu"

Yap, maju bahu membahu. Bener-bener keliatan dukungan satu FKM buat siapapun yang maju mewakili FKM. Hasilnya, poster FKM keluar sebagai juara favorit, ini gak lepas dari gerombolan FKM yang semangat banget buat voting poster. 
      Lanjut, hari kamis hectic dimulai. Entah kenapa jadwal lagi bentrok banget. Kisi jam 3, intervensi jam 4, wawancara jam 5 sedangkan jam 3 kurang sampe jam 4 gw harus fotoin orang-orang buat buku angkatan. Akhirnya gw mengorbankan kisi dan kumpul intervensi ibu. Jam 5, magangers sosmas ngumpul di lobi A wawancara kak Dewo, kadept Sosmas sebelumnya. Wawancaranya cukup seru walau kadang OOT dari topik sosmas. hier de foto:


  Panik karena belom ngerjain buku magang sama sekali. Hasilnya, hari itu gw pulang jam 9 malem dari FKM dan sampai rumah hampir jam setengah 10. Itu pulang termalam pertama yang gw lakukan. Hari selanjutnya, jumat 12/10/2012 kembali hectic. Dimulai dari SGD yang batal jadi karena satu dan lain hal, foto buat buku angkatan dari pagi sampai siang ditambah insiden terkilir pas mau foto di boulevard, buku jadi gak keurus. Jam 2 kami ngumpul di Matoa buat lanjut garap buku magang. Jadinya cihuy banget. Selain bikin buku, kami juga foto-foto (tetep). Sumpah foto hari itu keren-keren banget. Terutama yang foto individual, cemacem foto BPH BEM gidhu deh hahahhahaha. Sore jam 4, kegiatan sosmas pertama yang diikuti magangers, RUJAK atau rumah jalanan dan kakak asuh di Kampung Lio. Awalnya gw ragu-ragu buat ikut karena kaki makin sakit setelah terkilir. Tapi rasanya sayang banget kalau gw gak ikut rujak karena magang cuman 2 minggu. Akhirnya, solusi yang dilakukan adalah gw dibonceng sama Kak Aze. Malu-maluinnya adalah ban belakang motor kak Aze kempes (HAHAHHAA) gilak malu bet gw dan merasa bersalah banget sama kak Aze. Thanks to kemaren pokoknya spesial lah buat kak Aze, semoga amal ibadahnya diterima di sisi Allah, aaminn! Rujak seru banget. Hari itu gw ngajar Rike, anak kelas 5 SD. Wii ceriwis banget deh dia. Kita belajar bahasa inggris dengan tema Transportation. Selesai materinya cepet banget dan sayangnya gw gak nyiapin apa-apa, jadi gak bisa bikin kuis buat si Rike :( semoga komitmen gw untuk ngerujak tiap jumat terlaksana. Aamiin!
     Magang di SOSMAS adalah anugrah buat gw. Harus dimanfaatkan waktu magang semaksimal mungkin. Ciao sampai bertemu di post selanjutnya :D salam sosmas!



Comments

Popular posts from this blog

Memilih Kereta Api Ke Malang

Step by Step & Biaya Surat Sehat LPDP 2019 (RSUD Budhi Asih)

Pengalaman IELTS Computer Based di IALF Jakarta saat Pandemi Covid-19 (Februari 2021)