Pengalaman IELTS Computer Based di IALF Jakarta saat Pandemi Covid-19 (Februari 2021)

Hai!

Cukup lama gak nulis di blogspot. Terakhir cek archieve post tahun 2019. Well, another year tanpa tulisan di blog :') Jadi kali ini gw mau ceritain sedikit tentang pengalaman tes IELTS di masa pandemi. Entah kenapa kemarin pas googling belum banyak yang nulis tentang ambil tes IELTS di tengah pandemi Covid-19 dan gw berharap semoga informasi ini bisa sedikit berguna buat future test taker. 

IELTS Computer Test Room di IALF Jakarta

Oke, jadi awalnya gw pengen ambil IELTS lagi karena hasil tes yang sebelumnya udah expired (udah lebih dari dua tahun). Time surely flies! Setelah tahun lalu pandemic hit hards (tahun ini juga masih sih, tapi seenggaknya udah lebih bisa beradaptasi), pelan-pelan gw mulai mengumpulkan niat lagi buat lanjut apply sekolah. Langkah pertamanya adalah tes IELTS. 

Gw tes IELTS di awal Februari 2021. Awalnya, gw memilih tempat tesnya dulu. Tahun 2018 saat tes IELTS pertama, gw ambil di British Council Jakarta Pusat, lokasinya di Millenium Hotel Sirih Tanah Abang. Dulu tesnya masih paper based dan itu super rame banget orangnya. Satu ruang auditorium hotel mungkin ada ya 100 orang. 

Gw pun akhirnya memilih computer based test (CBT) karena alasan risiko covid-19 yang lebih rendah. CBT ini (seinget yang gw baca) satu ruangan cuman 6 orang. Meskipun speakingnya tetep in person (bukan ngomong ke komputer), tapi menurut gw risikonya jauh lebih minim daripada IELTS Paper Based. 

Awalnya gw ragu juga kok, ini CBT bakalan kagok gak ya ngerjainnya. Yang paling dikhawatirin dari CBT adalah readingnya. Dulu inget banget salah satu yang bikin semangat pas ngerjain IELTS adalah karena bisa coret-coret pas reading dan listening. Ragu juga apakah gw cukup terbiasa baca di komputer dan bisa efektif nemuin jawabannya. 

Contoh Format Layar Reading Test

Tapi, untungnya ada IELTS CBT Practice Test di web resminya (https://ielts.com.au/computer-delivered-ielts/how-computer-delivered-ielts-works/) buat bikin kita familiar sama format CBT. Surprisingly, gw SUKA BANGET reading sectionnya! Jadi, satu layar komputer dibagi 2, setengah buat tulisan dan setengah lagi buat soal. Wah ini malah lebih efektif dan memudahkan sih dibandingkan pas paper based yang harus bolak-balikin kertas untuk baca soal dan nemuin jawabannya. Udah gitu, fitur yang mantep adalah bisa highlight dan copy paste! Sungguh memudahkan kehidupan. 

Contoh Format Layar Listening Test

Listeningnya juga menurut gw lebih enak karena kan masing-masing peserta dikasih headphone. Jadi, gak ada tuh istilah gak kedengeran kayak IELTS Paper Based di aula hotel. Cuman, IELTS Listening versi Computer Based gak ada sample questionnya gitu. Jadi, kupingnya harus siaga dan gak boleh lengah sedari awal tes. Audionya akan otomatis ke play sendiri dan berpindah ke section selanjutnya (tapi kita tetep harus klik next page, mestinya otomatis pindah page aja ya buat memudahkan. Sempet kagok karena section 1 ke section 2 ada jeda 1 menit buat ngecek jawaban, tapi tiba-tiba audionya pindah ke section 2 padahal halamannya masih section 1. ternyata harus kita pencet sendiri untuk pindah halaman wgwg). Ohiya, berhubung jawabannya langsung di klik, kita gak ada 10 menit waktu di akhir IELTS kayak pas tes paper based. Cuman ada jeda waktu 1 menit antar section dan 2 menit di akhir tes listening. 

Contoh Format Layar Writing Test

Writingnya gimana? Gak enak dong gak bisa coret2 di kertas buat bikin struktur esai? Jangan sedih! Jadi, meskipun ini PBT, tapi kita tetep dikasih kertas sama pensil di meja. Setiap sebelum masuk section reading, writing, listening, kita perlu ngisi username dan password. Nah username dan password ini dikasihnya dalam selembar kertas HVS dan disitulah kita bisa corat coret. Jadi, sebelum tes gw udah latihan beberapa kali untuk bikin struktur esai di kertas dan nulisnya di komputer. Gw pikir so far so good selama latihan di rumah. Tapiii, saat real test, ternyata gw ketemu problem yang sebenernya gak problem-problem amat tapi cukup mengganggu. Jadi kan kita ngerjain soalnya itu di komputer ya dan ada keyboardnya. Keyboardnya ini tipikal keyboard yang dalem (?) dan keras gitu jadi kalau mau ngetik mencetnya harus agak berisik, gak kayak di laptop yang keyboardnya datar dan lempeng. Jadi pas writing itu lumayan berisik ruangannya. 

Untungnya, ada headset noice-cancelling Audio Technica yang dipake pas listening. Itu lumayan membantu biar bisa konsen (karena denger ketikan orang lain yang super cepet kadang bikin minder ga sih wkwk lyke "gile ni orang2 ngetiknya pada cepet2 amat, udh brp kata ya mereka?". Bahkan pas di awal kan gw abis baca soal bikin outline dulu di kertas 1-2 menit, nah ini peserta yang lain langsung gas pol ngetik2. Sumpah bikin jiper). Nah, karena keyboard ini juga, gw jadi gampaangg bgt typo. Ini sih yang membuat IELTS writing di CBT mesti kudu ada waktu buat baca ulang berkali2 sesudah selesai nulis/ proof read. Biar bisa ngecek ada typo apa enggak. Dan enaknya lagi, di CBT ada wordcountnya dong! Say goodbye untuk ngitung jumlah kata manual kayak di kertas wgwg. 

Sumpah, recommended bgt sih buat kalian ambil IELTS CBT. Enaknya lagi, timernya bener-bener di layar komputer kita. Gak kayak IELTS Paper Based yang jamnya ditaro paling depan di ruangan dan jadi bikin harus punya feeling soal waktu. Palingan, harus hati-hati banget kalau udah waktu tinggal 1 menit lagi krn dia gak ada countdown detik. Jadi begitu 1 menit langsung nutup sendiri gitu. Pastiin selesai tulisannya seenggaknya 2 menit sebelumnya biar gak shock! Pengalaman gw pas ngerjain reading, di last minute baru ngeh ada yang salah, pas ganti jawaban, jleb! layar langsung berganti ke tulisan waktu habis. Untung masih sempet klik jawabannya! 

Hasil IELTS Computer Based bisa diambil dalam 5 hari kalender aja. Ini cepet loh kalau dibandingin sama IELTS Paper Based yang keluar dalam 14 hari. Langsung cinta sama IELTS Computer Based. Paling kelemahannya satu sih, practice test computer based test ini belum banyak (sejauh ini baru nemu 1 contoh official dan 1 website non IELTS official yang nyediain latihan computer based). Coba kalau ada software yang nyediain banyak practice IELTS Computer Based, laku sih pasti. Karena kalau mau latihan kan paling enak ya semirip mungkin ya sama kondisi aslinya. Soal-soalnya sebenernya gak ada bedanya kok IELTS biasa sama IELTS komputer. Cuman perlu pembiasaan format aja di komputer. 

Oh! Satu hal lagi yang jadi downside IELTS Computer adalah mata jadi cepet perih! Entah gw doang apa gimana, tapi kan itu layarnya lumayan gede, sinarnya tajem, dan jarak kita sama komputer deket banget. Jadi gw lumayan pegel matanya. Mau ngucek mata takut, krn kita gak boleh bawa handsanitizer sementara kan selama tes pasti megang mouse, megang komputer, megang headset yang entah udah steril apa belum. Akhirnya gw pas reading sempet ke toilet sekitar 5 menitan. Gak terlalu degdegan krn sebelum ke toilet itu gw udah selesai sebenerya cuman blm ngecek beberapa jawaban yg perlu review aja. Nah karena 10 menit terakhir ga boleh keluar, akhirnya ya gw putusin buat izin langsung aja begitu selesai jawab. Reviewnya nanti abis dari toilet. Turn out to be the best decision karena pas review otak jadi lebih fresh karena matanya udh kena air dan gak perih-perih amat. 

Kalau speaking, selayaknya speaking biasa aja sih krn masih face-to-face sama examinernya, cuman pake masker doang bedanya. Nah, pas tes gw kebetulan dapet examiner orang indonesia. Asli baik banget gak bikin jiper dan jadi lebih rileks. Gak tau sih ya secara nilai apakah jadi lebih saklek apa enggak. Tapi pas tes gw merasa lebih bisa ngejawabnya dibandingkan dulu pas tes pertama kali di BC yang examinernya bule (dan mungkin krn dapet giliran tesnya udah malem kali ya). Oh ini poin plus lagi buat CBT, berhubung orangnya dikit, nunggu giliran IELTS Speakingnya gak lama. Dan kita udah bisa milih pas bayar tes, mau speaking jam berapa. Gak kayak BC dulu pas PBT yang jadwal speaking baru dikasih H-sekian hari tes dan gak bisa milih. 

Musola udah ada di dalem IALF, jadi break time sebelum speaking bisa efektif

Overall, gw seneng ambil IELTS CBT dan merekomendasikan IALF sebagai tempat tes di masa pandemi ini, krn: 

1. Tempatnya udah permanen. IDP dan BC setau gw tesnya itu di venue hotel (yang PBT ya) jadi tempatnya bukan permanen punya sendiri. Menurut gw secara sistem dan kerapihan, lebih rapih dan profesional di IALF. Feelnya sama kayak dulu pas tes GRE (bedanya protokol keamanannya gak seketat tes GRE. Pas tes IELTS kemarin boleh pake jaket dan keluar ruangannya juga gak pake scanner gitu-gitu)

2. Bisa milih jadwal speaking tes (tapi gatau sih, mungkin semua PBT bisa kali ya milih ini)

3. Chat di WA lumayan responsif. Jadi kalau mau nanya-nanya gak ribet harus nelfon (again, ini gak ngecek apakah IDP dan BC jg bisa dikontak via WA)

Tapii, tentu saja menurut gw masih ada beberapa poin perbaikan yang bisa ditingkatkan di IALF, seperti: 

1. Mestinya boleh bawa handsanitizer ke ruangan tes CBT. Ini kan corona time ya, apalagi itu computer pasti banyak dipegang peserta kan (touchscreen jg btw). Sehari ada dua sesi: pagi dan siang. Daripada compromise tentang keselamatan, mending peserta boleh bawa handsanitizer masing2 atau seenggaknya setiap meja ada 1 botol handsanitizer. 

2. Jarak CBT yang gak nyampe 2 meter. Nah ini prokesnya menurut gw bakal lebih baik kalau selang 1 meja tiap peserta biar ada jarak 2 meter. Apalagi, kondisinya ruangan bener-bener tertutup. Tesnya 2,5 jam bareng-bareng. Udah pasti risiko penularannya tinggi. Gw pribadi cukup kaget dengan jumlah pesertanya. Gw pikir 1 ruangan hanya ada 6 orang (lupa ini asumsi darimana) ternyata peserta tesnya ada sekitar 12-15 orang. Pas speaking, peserta dibagi jadi 2 room/examiner. Tapi pas sesi computer ya numpuk semua 1 ruangan + 4 invigilator/pengawas. Jadi menurut gw prokesnya masih bisa ditingkatin lagi. 

Gitu aja ya kayaknya. Ohiya harga PBT dan CBT sama-sama 2,9 juta. Jadi, tinggal pilih mana yang sesuai preferensi kenyamanan. Semoga informasinya membantu ya. Goodluck!


Nb: Ohiya, meskipun computer based, tapi waktu mulai masing-masing section ditentuin ya. Jadi harus bareng-bareng mulainya dan selesainya juga barengan seruangan. Ini yang bikin agak beda dari pengalaman tes computer based GRE dimana setiap orang bisa beda waktu selesainya. 

Comments

Popular posts from this blog

Memilih Kereta Api Ke Malang

Step by Step & Biaya Surat Sehat LPDP 2019 (RSUD Budhi Asih)