Step by Step & Biaya Surat Sehat LPDP 2019 (RSUD Budhi Asih)


Minggu ini gw lagi bolak-balik ke RS untuk mengurus surat sehat buat sebagai salah satu persyaratan mendaftar LPDP. Sebenernya, tahun 2018 lalu gw udah sempet mengurus surat sehat di RSUD Budhi Asih. Gw memilih RS tersebut karena gak terlalu mahal dan RSnya udah familiar sama prosedur tes kesehatan untuk LPDP. Selain itu, karena domisili gw di Tebet, jadinya RS ini lumayan terjangkau jaraknya. Kesan gw terhadap pelayanan di RS ini lumayan bagus pokoknya. Tapi, karena satu dan lain hal, gw gak jadi daftar LPDP tahun lalu dan surat sehatnya gak kepake deh, sayang juga sebenernya (Anggep aja buat MCU tahunan yak wkwk). 

Untuk pendaftar tujuan Luar Negeri, ada tiga surat yang harus disubmit: surat sehat, bebas narkoba dan bebas TBC. Tahun lalu di RSUD Budhi Asih gw abis sekitar 395 K, dengan rincian sebagai berikut: 

Pendaftaran                    : 15K 
Admin                             : 10K
Surat Ket Bebas Narkoba  : 20K
Surat Ket Sehat               : 20 K 
Tes Lab BTA 2X (TBC)       : 50K 
Rontgen Thorax (TBC)      : 100K 
Tes Urin (Narkoba)           : 180K (Morfin, Amphetamin & Cannabis) 

Nah tahun ini, gw pengen coba di RSUD Tebet. Dulu pas kuliah, RSUD Tebet ini masih Puskesmas Kecamatan. Tapi sekarang bangunannya udah jadi RS Tipe D. Pengen tau aja sih prosesnya gimana. Udah gitu kan lumayan gak usah ngeluarin ongkos buat transport karena dari rumah ke RSUD Tebet bisa jalan kaki kurang lebih 15 menit. Jadi gw memutuskan untuk MCU disana. 

Pertama kali dateng sekitar jam 09.30 WIB, gw langsung mengambil nomor antrian di meja satpam di lantai 2. Biasanya langsung dikasih formulir pendaftaran pasien dan nomor antrian, tapi berhubung gw udah pernah berobat disitu, jadi tinggal nunjukin kartu pasien RSUD Tebet aja. Ohiya, karena pembuatan surat sehat ini katagorinya Check Up, bukan berobat, maka BPJS tidak bisa digunakan (bayar mandiri). 



Gak berapa lama, gw langsung ke bagian pendaftaran. Baik dan ramah banget petugas pendaftarannya, membuat gw optimis kalau pelayanan di RSUD ini bakalan bagus. Gw bilang kan mau bikin surat sehat, surat bebas narkoba dan surat bebas TBC. Masnya langsung menyerahkan stiker nama 6 buah dan menyuruh gw ke kasir untuk melakukan pembayaran. Nah, sayangnya, gak ada keterangan gw akan ngambil tes apa aja disitu (gw juga bingung sebenernya stiker sampe 6 buat apa aja) jadinya berpotensi missing item pemeriksaan dan gw harus ngulang infonya lagi ke petugas kasirnya. 

Sampai sini, gw membayar 250K dengan rincian sebagai berikut: 
Konsultasi dokter : 30K
Surat Ket Sehat    : 20 K 
Tes Urin               : 200K (Morfin, Amphetamin, Benzodiazepine & Cannabis) 

Pas pertama kali dibilang nominalnya, sebetulnya gw seneng "Wah murah nih cuman 250K", tapi begitu liat detail kwitansinya, gw mulai curiga karena di situ gak ada keterangan tes sputum maupun rontgen paru. Pas gw tanya ke petugasnya, katanya udah termasuk di konsultasi dokter umum. Hmmm aneh, tapi yaudah gw ikutin dulu karena belum familiar sama prosedur di RSUD Tebet ini. 

Pertama, gw ke laboratorium di lantai 3. Setelah menyerahkan kwitansi, petugas lab memberikan gw tabung untuk menampung urin. Hasil tesnya bisa ditunggu 1 jam. Karena rame, akhirnya gw melipir ke Mcd Tebet yang ada persis di samping bangunan RS (pas banget juga lagi gak puasa). Jam 12 gw balik ke RS dan langsung ambil hasil labnya. 

Setelah itu, gw ke lantai 4 untuk pemeriksaan dengan dokter umum. Karena udah siang dan poli tutup jam 1, jadi kondisinya udah lumayan sepi dan gak nunggu lama untuk ketemu dokternya. Nah disinilah kecurigaan gw terbukti. Pas gw bilang kalau gw juga butuh surat keterangan bebas TB, dokternya langsung nanya lagi "Kamu butuh surat TB yang dikeluarin dokter umum atau spesialis? Karena kalau yang kedua, harus ada prosedur pemeriksaan lagi dan itu ke dokter penyakit dalam" huaduh bener kan. Sebenernya gw juga gatau sih LPDP butuhnya surat TB dengan spesifikasi apa. Cuman gw mikirnya karena buat screening ke luar negeri, berarti bagusnya detail kan (mungkin bisa dikonfirmasi ke LPDP). Terus dokternya nyuruh gw buat nanya ke lantai 2 lagi, kalau hari ini ngurus surat TBnya gimana? apakah ada dokternya? dll. 

Di lantai 2, gw langsung nanya ke petugas kasirnya. Katanya sih dokter SPD ada praktek siang, tapi bisa-bisa gw selesai ngurus itu maghrib (wadaw). Udah gitu, prosedurnya ke poli DOTS dulu untuk tes sputum, rontgen, baru ke dokter SPD. Berhubung gw udah pusing duluan dengernya, jadi yasudah gw putuskan untuk gak tes TB disitu. Btw, kalau kalian mau tes TB di RSUD Tebet kalau gak salah nambah 160K (Rontgen 100K dan konsultasi spesialis 60K). Tes sputumnya gratis karena masuk ke program pemerintah (CMIIW, kalau ada yang udah pernah tes TB di RSUD Tebet boleh di share). 

Ohiya, gw sempet nelfon call center LPDP untuk menanyakan apakah boleh beda RS untuk surat bebas narkoba dan surat TB. Alhamdulillahnya gak ada masalah. FYI, sebenernya boleh juga loh periksa di klinik swasta tahun ini (coba cek di buku panduan deh), mungkin bisa lebih cepet dan fleksibel waktunya buat yang ngantor. Tahun lalu seinget gw harus di instansi pemerintahan soalnya. Tapi karena gw belom tau biayanya berapa di klinik swasta, gw tetep lanjut MCU di RSUD aja. 



Keesokan harinya gw langsung ke RSUD Budhi Asih untuk Tes TB dan surat sehat. Pertama dateng, kita ke lantai 1 dulu untuk pendaftaran sebelum ke poli MCU di lantai 7. Ohiya, bayar MCUnya kemarin gw harus tunai karena debitnya lagi error. Jadi, bawa uang cash yang cukup ya, soalnya lumayan PR kalau harus balik ke ATM di lantai 1. Untuk surat sehat dan tes TB gw bayar 260K dengan rincian sebagai berikut: 

Pendaftaran          : 15K 
Admin                   : 10K
Surat Ket Sehat      : 20 K 
Tes Lab BTA 2X       : 50K 
Rontgen Thorax      : 100K 
Hematologi lengkap & GDS: 65K 

Harganya masih sama sih sama tahun lalu. Tapi ada satu yang beda, notice gak apa? Iyes, sekarang bikin surat keterangan sehat di RSUD Budhi Asih harus ada penunjang hasil cek darah lengkap dan gula darah sewaktu. Pas gw nanya ke mbaknya, katanya ini kebijakan baru per April 2019. Waw pas sekali yak sebelum pendaftaran LPDP wkwk bisa aja nih :p Tapi gapapa, itung-itung ngecek Hb karena gw pernah anemia. 

Di RSUD ini pembuatan surat sehat LPDP butuh waktu 3 hari bolak-balik RS. Loh kok lama banget? Iya, karena tes sputum BTA2Xnya itu harus diambil sesudah bangun tidur dan 30 menit setelah makan. Terus analisisnya butuh waktu 1 hari kerja. Jadi total butuh waktu 3 hari dengan rincian sebagai berikut: 

HARI 1
1. Lantai 1, pendaftaran pasien (bayar 15K)
2. Lantai 7, poli MCU (bayar item pemeriksaan MCUnya)
3. Lantai 3, laboratorium. Ambil darah dan dikasih wadah tes sputum. (Kalau kalian tes narkoba juga, di lantai 3 ini kalian langsung dikasih wadah buat urin dan bisa langsung dibalikin saat itu juga)
4. Lantai 1, radiologi. Rontgen paru. Abis itu pulang.

HARI 2
1. Lantai 3, laboratorium. Menyerahkan 2 wadah sputum sebelum jam 9 pagi. Abis itu pulang. Bisa sih kalau kalian mau ambil hasil cek darah, cek urin dan rontgen di hari kedua ini. Tapi karena gw males bawa-bawa dan takut malah ada yang kelupaan besoknya, jadi gw ambil di hari ketiga aja sekalian. 

HARI 3 
1. Lantai 1, radiologi. Ambil hasil rontgen. 
2. Lantai 3, laboratorium. Ambil hasil cek darah, cek sputum dan cek urin. 
3. Lantai 7, poli MCU. Tunggu giliran konsul ke dokternya. Selesai deh. 

Meskipun harus bolak-balik 3 hari, tapi pelayanannya gak lama kok. Di hari pertama gw hanya butuh 1-2 jam. Recommended sih bikin surat sehat di RSUD Budhi Asih. 

In total, gw mengeluarkan 510K tahun ini buat MCU doang. Huhu lebih mahal karena di 2 RS yang berbeda. Kalau kalian full ngurus ini di RSUD Budhi Asih, perkiraan gw kalian butuh 440K saja (asumsi harga tes narkoba masih sama kayak tahun 2018 yaitu 180K. Tapi tadi gw sempet liat di tabel harga  MCU tes narkoba sekarang 300K karena 5 jenis tes, Kalau bener berarti butuh total 560K buat tes kesehatan lengkap di Budhi Asih). 

Btw, tahun ini LPDP kan buka pendaftaran beasiswa 2 kali (Mei dan September), jadi surat sehatnya bisa dipake buat daftar 2X juga karena rentangnya masih kurang dari 6 bulan. 

Gitu deh, panjang juga ya ngurus surat sehat doang. Semoga tulisan ini menambah informasi buat kalian yang lagi mau daftar LPDP ya. Semangat!

Comments

Popular posts from this blog

Memilih Kereta Api Ke Malang

Pengalaman IELTS Computer Based di IALF Jakarta saat Pandemi Covid-19 (Februari 2021)